Sistem Layanan Peminjaman dan Pengembalian Koleksi (Sirkulasi)
Sistem peminjaman dan pengembalian koleksi di Perpustakaan SD Santa Maria dapat dilakukan secara otomatis menggunakan website Perpustakaan SD Santa Maria.
- Prosedur Kerja Peminjaman Buku
- Sebelum masuk ke area koleksi, pemustaka harus mengisi buku tamu otomatis
- Pemustaka mencari buku yang dibutuhkan melalui website Perpustakaan SD Santa Maria atau bisa juga langsung mendatangi rak yang dibutuhkan
- Pemustaka dapat membawa buku yang akan dipinjam kepada petugas sirkulasi peminjaman
- Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota Perpustakaan sebagai kartu identitas
- Petugas memproses transaksi peminjaman
- Petugas menginput data pemustaka ke website Perpustakaan SD Santa Maria
- Petugas melakukan proses peminjkaman dengan memasukkan NIS Pemustaka
- Petugas melakukan scan pada barcode yang tersedia pada halaman pertama buku
- Petugas menyimpan data yang sudah diinput
- Petugas mencatat tanggal pengembalian pada kartu buku di katalog belakang buku
- Petugas menyerahkan buku dan KAP pemustaka
- Pemustaka keluar melalui pintu keluar
- Prosedur Kerja Pengembalian Buku
- Masuk ke area koleksi, pemustaka dapat mengisi buku tamu otomatis dengan mengscan kartu anggota Perpustakaan ke mesin barcode
- Pemustaka menyerahkan buku yang telah dipinjamnya dan menyerahkan KAP (Kartu Anggota Perpustakaan) ke petugas
- Jika terlambat, petugas menginformasikan jumlah denda ke pengguna
- Menscan KAP (Kartu Anggota Perpustakaan) atau langsung ke pengembalian kilat melalui scan barcode buku, serta memeriksa buku yang akan dikembalikan lalu mencocokkan tanggal pengembalian dengan website Perpustakaan SD Santa Maria
- Menyimpan transaksi pengembalian buku
- Petugas menyerahkan KAP (Kartu Anggota Perpustakaan)
- Proses pengembalian selesai